10 Cara Membangkitkan Semangat Belajar yang Paling Ampuh

Informasi Seru dan Unik


Belajar merupakan proses mencari dan mengetahui suatu ilmu agar wawasan lebih luas sehingga dapat memecahkan berbagai macam masalah. Seringkali proses ini dikaitkan dengan mereka yang berstatus sebagai siswa atau mahasiswa, bukan? Padahal pepatah mengatakan, setiap orang wajib untuk menimba ilmu hingga liang lahat. Hal itu membuktikan bahwa belajar sangatlah penting.

Namun disamping semuanya, belajar membutuhkan dukungan penuh dari setiap aspek, termasuk lingkungan dan yang paling penting adalah diri kamu sendiri. Adakalanya kamu merasa begitu semangat, tapi bisa juga malas belajar dan malah membuang waktu dengan melakukan kegiatan lain.

Selain terganggu karena kegiatan bermain atau rasa malas menyerang, waktu libur panjang pun menjadi salah satu faktor penyebab semangat belajar kian memudar. Maka dari itu, Bacaterus punya tips agar semangat belajar kamu kian melesat daripada sebelumnya. Berikut 10 tips tersebut yang dirangkum dari berbagai sumber.

10 Tips untuk Membangkitkan Semangat Belajar

1. Tujuan Utama Belajar

Tujuan utama belajar

loading...

* sumber: www.wanderlustworker.com

Karena semuanya berasal dari diri sendiri, kamu sebaiknya temukan terlebih dahulu tujuan utama belajar. Apakah untuk ujian di sekolah, mengikuti tes, menambah wawasan, atau demi masa depan yang lebih cerah. Kalau hal pertama dan yang paling dasar ini tidak ada, maka semangat belajar kamu tidak akan pernah muncul. Seandainya tetap memaksakan, hasilnya tetap tidak akan maksimal.

2. Tentukan Target yang Ingin Dicapai

Tentukan Target yang Ingin Dicapai

* sumber: pixabay.com

Tujuan belajar sudah dikantongi. Kamu sekarang harus memiliki target apa saja yang akan dicapai dalam proses belajar. Jika targetnya banyak, urutkan sesuai prioritas terlebih dahulu. Maksud prioritas di sini, kamu wajib mengetahui target yang sangat penting untuk dicapai pertama. Contohnya, untuk ujian tes masuk perguruan tinggi, tentu saja kamu harus belajar mengenai segala hal yang berkaitan dengan materi-materi tes.

Apabila target lebih dari tiga, tulislah dalam buku atau catatan kecil yang bisa ditempel di tembok kamar atau ruang belajar. Atau juga, kamu bisa menyimpannya pada gawai sehingga ketika menggunakannya, target itu akan selalu terlihat. Menulis daftar target memiliki kekuatan besar dalam mencapai keberhasilan. Daftar itu juga harus diberi tenggat waktu sampai kapan harus selesai. Buatlah seolah-olah kamu tengah dikejar deadline.

3. Memulai Lebih Awal

Memulai Lebih Awal

* sumber: food.ndtv.com

Kamu pasti pernah mendengar waktu yang tepat untuk belajar adalah pagi hari, kan? Memang, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai belajar.

Alasannya, kondisi otak masih dalam keadaan segar, tidak banyak pikiran, belum menemukan kerumitan, suasana masih sepi, dan memiliki banyak energi karena telah diistirahatkan dengan tidur. Sehingga, otak mampu menyerap ilmu lebih maksimal dan tidak menumpuk dengan hal lainnya.

Meski demikian, kamu juga memiliki waktu lain yang tepat untuk belajar, yakni dengan tidak menunda-nundannya. Jika kamu berkeinginan untuk belajar sepulang sekolah atau kampus, atau juga tengah malam, segeralah memulainya. Menunda-nunda waktu belajar hanya akan menambah beban pikiran, kondisi badan lelah, dan banyak gangguan lainnya.

4. Matikan atau Jauhkan Ponsel dan Seluruh Gawai dari Tempat Belajar

Matikan atau Jauhkan Ponsel dan Seluruh Gawai dari Tempat Belajar

* sumber: www.hoaxorfact.com

Gangguan belajar memang bisa datang dari mana saja. Di zaman kiwari ini, ponsel pintar adalah salah satu benda yang benar-benar dapat menurunkan semangat dan konsentrasi belajar. Notifikasi ponsel mudah mengalihkan fokus belajar.

Tangan kamu pasti gatal ingin sesegera melihat notifikasinya, kemudian membuka ponsel. Mungkin itu hanya pesan masuk WhatsApp, pesan singkat, atau Line, tapi kemungkinan besar kamu juga akan membuka media sosial lainnya dan mulai melihat-lihat timeline.

Kegiatan menelusuri linimasa selain membuang waktu dan menghilangkan fokus, dapat mengubah mood kamu dalam waktu yang singkat. Misalnya melihat mantan berfoto dengan gebetan barunya, jika kamu masih punya perasaan terhadapnya, rasa kesal langsung meradang dan mengakibatkan keingininan kepo kepada mereka memuncak. Akhirnya, semangat hilang, belajar pun berantakan.

5. Mencari “Pemicu Kecil”- Membangkitkan Semangat Belajar

Mencari

* sumber: harrypotter.wikia.com

Kamu pasti pernah merasakan ingin melakukan sesuatu dengan segera di saat itu juga, baik itu karena sebuah video di Youtube, musik yang didengarkan dari ponsel, atau film yang sebelumnya pernah ditonton, kan? Saat kamu melihat video tentang sebuah kuliner, pasti ingin segera makan. Jika melihat video traveling, pasti kamu juga langsung berhasrat untuk berkemas dan berangkat detik itu.

Nah, membangkitkan semangat belajar juga seperti itu. Misalnya kamu menonton kegiatan mahasiswa yang mendapat beasiswa di luar negeri atau menonton kegiatan idola dalam kehidupan sehari-harinya. Pemicu seperti itu dapat membangkitkan semangat kamu untuk belajar, karena merasa ingin seperti yang ada dalam tontonan tersebut.

6. Membuat Motivasi Sederhana

* sumber: id.pinterest.com

Kamu pasti pernah melihat beberapa teman di kamarnya terdapat kertas-kertas menempel di dinding berisi sebuah tulisan? Ya, itu adalah salah satu cara meningkatkan semangat belajar, yakni membuat kalimat motivasi sederhana. Kalimat-kalimat itu bisa berisi tentang cita-cita, harapan, dan keinginan untuk membahagiakan orangtua.

Sepertinya terlihat sepele, bahkan merusak keindahan kamar. Tapi, ketika kamu membacanya kembali di kala keinginan belajar menurun, kertas-kertas itu seakan memberikan energi yang membuat semangat kembali tumbuh. Selain itu juga, kamu dapat menempel foto idola sebagai pendongkrak semangat.

7. Mengembangkan Sesuatu yang Tengah Dipelajari

* sumber: www.kosherica.com

Belajar terus menerus dengan topik yang sama pasti sangat membosankan, sehingga rasa malas pun tak bisa terelakkan. Untuk itu, carilah sesuatu yang lebih menarik dari topik yang tengah dipelajari. Mulai dari sejarahnya hingga kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya untuk kamu yang tengah belajar bahasa asing. Jika cara belajar terus menerus dengan cara membaca atau menonton materi, lama kelamaan tetap akan bosan. Maka dari itu, cobalah untuk mencari teman atau partner.

Di zaman modern ini, beranikan diri kamu untuk mempraktikkan pelajaran bahasa tersebut kepada orang asing dari berbagai negara. Cara ini pasti akan membuat kamu termotivasi untuk terus bercakap dengan lawan bicaramu.

8. Belajar di Tempat yang Nyaman (cozy)

Belajar di Tempat yang Nyaman (cozy)

* sumber: www.beroomers.com

Banyak sekali definisi nyaman, kamu pun pasti memilikinya. Tempat yang nyaman satu dari sekian kunci untuk membangkitkan semangat. Ada beberapa orang yang nyaman belajar di kamar, ruang terbuka, perpustakaan, ruang sepi, kedai kopi, dan lainnya. Tempat-tempat seperti itu tentu membuat fokus, tenang, dan menyerap dengan mudah pelajaran yang ingin dikuasai.

9. Berikan Penghargaan Terhadap Diri Sendiri

Berikan penghargaan terhadap diri sendiri

* sumber: memberful.com

Proses belajar untuk mencapai sebuah target biasanya akan menguras tenaga dan harus mengorbankan waktu, baik itu untuk main maupun bersantai-santai. Sebaiknya, berikan diri kamu penghargaan apapun hasilnya. Kamu bisa merencanakan pemberian penghargaan ini sejak memulai proses belajar, sehingga ada semangat yang timbul untuk mendapatkan tujuan sekaligus penghargaan.

Penghargaan itu bisa berupa apa saja, seperti makanan, waktu bermain, tidur, dan lainnya. Misalnya, jika waktu belajar selesai dan target tercapai, kamu memberikan penghargaan kepada diri sendiri dengan cara menonton drama kesayangan, berlibur ke tempat impian, dan berkuliner menyantap makanan favorit sepuasnya.

10. Berteman dengan yang Rajin

Berteman dengan yang Rajin

* sumber: www.cuinsight.com

Selain dorongan dari diri sendiri, kamu juga harus punya pemberi semangat dari luar. Selain tempat, tentu orang-orang di sekeliling kamu juga bisa jadi penyemangat. Perlu diketahui, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa lima orang terdekat bisa mencerminkan diri kamu.

Makanya, kamu sebaiknya berteman dengan orang-orang yang rajin belajar juga. Mereka pasti memiliki kebiasaan belajar yang dapat menular kepada kamu. Sehingga, kamu pun akan terpacu untuk tetap berada di lingkungan bersama mereka.

Berdasarkan beberapa cara di atas, mana yang pernah atau sedang kamu lakukan? Atau kamu masih mencari sumber semangat itu? Kalau iya, coba deh ke-10 tips itu dan mulailah dari sekarang. Selamat mencoba ya!

Topik Terkait:


Artikel Terkait

bacaterus

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close