10 Pilihan Film Terbaik yang Pernah Diperankan Andy Lau

Informasi Seru dan Unik


Aktor asal Hong Kong yang tampan dan flamboyan ini dilahirkan di Tai Po, Hong Kong, pada 27 September 1961. Andy Lau Tak-Wah adalah salah satu aktor yang bisa menyeimbangkan karir film dan musiknya. Di tahun 1990an, dia adalah salah satu dari “Four Heavenly Kings of Cantopop”- yang menasbihkan dirinya sebagai penyanyi Canton populer di masa itu.

Di industri film, Andy Lau sudah mulai berakting sejak awal 1980an dan langsung mencuri perhatian moviegoers. Sebagai salah satu aktor tersibuk dan terproduktif di perfilman Hong Kong, di tahun 2005, Andy Lau lalu diberikan penghargaan karena sudah 20 tahun berkarir di dunia film dengan berakting di 108 film.

Berikut ini Bacaterus pilihkan 10 film terbaiknya yang beberapa di antaranya mengantarkannya meraih Best Actor di ajang Hong Kong Film Awards.

10 Film Terbaik Andy Lau

1. Boat People [1982]

Boat People [1982]

loading...

* sumber: www.hkcinemagic.com

Film ini adalah awal karir Andy Lau di perfilman Hong Kong. Merupakan bagian terakhir dari “Vietnam Trilogy”- karya sutradara Ann Hui yang sempat diputar di Cannes Film Festival, film sejarah runtuhnya Saigon dan mulainya kekuasaan Komunis di Vietnam ini membuka mata banyak pihak, terutama kritikus film.

Performa akting Andy Lau membuatnya masuk nominasi di kategori Best New Performer di ajang Hong Kong Film Awards yang kemudian mengatrol karir perfilmannya dengan cepat.

2. As Tears Go By [1988]

As Tears Go By [1988]

* sumber: www.pagesoncinema.com

Di film action drama karya perdana sutradara Wong Kar-Wai ini, Andy Lau berperan sebagai seorang kriminal. Jacky Cheung yang berperan sebagai adiknya, juga ikut berkecimpung di dunia kelam tersebut. Hal inilah yang menjadi perhatian sang kakak untuk melindungi adiknya dari dunia hitam tersebut.

Banyak kritikus menilai film ini memiliki banyak kesamaan dengan film karya Martin Scorsese, Mean Streets [1973], dilihat dari kesamaan alur ceritanya. Sempat diputar di Cannes Film Festival, film ini mengantarkan Andy Lau masuk nominasi Best Actor untuk pertama kalinya.

3. God of Gamblers [1989]

God of Gamblers [1989]

* sumber: www.redbyhbo.com

Film dengan tema perjudian menjadi hits di akhir 1980an. Salah satunya adalah film yang bertabur bintang ini yang dipimpin oleh Chow Yun-Fat dan Andy Lau sebagai tokoh utamanya. Disutradarai oleh Wong Jing, film ini memunculkan demam aneka bentuk permainan judi di Hong Kong, bahkan hingga ke Indonesia.

Film ini kemudian menelurkan banyak film sequel dan spin-off yang juga diperankan oleh Stephen Chow dan banyak aktor ternama lainnya. Di tahun 2014 dibuatlah film sequel baru, From Vegas to Macau, yang ceritanya tidak memiliki hubungan dengan film aslinya tetapi diperankan kembali oleh Chow Yun-Fat dan Andy Lau. Film sequel ini diteruskan oleh dua film lanjutannya.

4. Running Out of Time [1999]

Running Out of Time [1999]

* sumber: www.hkcinema.co.uk

Film action thriller yang menegangkan ini menampilkan Andy Lau sebagai sosok kriminal yang mengidap penyakit kanker dan menantang seorang inspektur polisi untuk bertarung dalam negosiasi yang alot untuk menguji keberanian dan ketangguhannya. Siapakah yang memenangi pertarungan ini?

Film yang cukup menguras adrenalin ini mengantarkan Andy Lau untuk pertama kalinya meraih penghargaan sebagai Best Actor di ajang Hong Kong Film Award, karena memang performa aktingnya di film ini sangat baik dan diakui juga oleh para kritisi film di Asia khususnya.

5. Infernal Affairs [2002]

* sumber: www.allmovie.com

Film crime thriller tentang pengkhianatan dan penyelidikan ini tidak hanya menggoncangkan perfilman Hong Kong saja, tetapi juga perfilman dunia, hingga dibuat ke dalam versi Hollywood oleh Martin Scorsese dengan judul The Departed [2006] yang juga sukses secara komersil dan kualitas.

Alur ceritanya sendiri memang seru, di mana seorang polisi melakukan penyamaran untuk bisa masuk ke dalam organisasi kriminal untuk membekuk ketuanya, dan di sisi lain, ada seorang polisi yang menjadi mata-mata organisasi kriminal tersebut sehingga mereka bisa bebas bergerak melakukan aktivitasnya.

Peran Andy Lau sebagai Lau Kin-Ming, seorang inspektur polisi senior yang menjadi mata-mata gembong kriminal yang kharismatik, sehingga semua kejahatannya bisa ditutupi dengan baik olehnya. Karenanya, Andy Lau kembali masuk nominasi Best Actor di Hong Kong Film Award meski gagal meraih predikat tersebut kali ini.

6. Running on Karma [2003]

Running on Karma [2003]

* sumber: www.allmovie.com

Seorang rahib yang bertubuh kekar dengan kemampuan melihat ke dalam kehidupan orang lain, berteman dengan seorang polisi wanita dan menggunakan kemampuannya untuk mengubah karma dan takdirnya. Itulah premise film action thriller yang sukses meraup pendapatan yang tinggi disertai dengan kualitas yang cukup baik ini.

Andy Lau memakai kostum prosthetic agar terlihat kekar dan ditambah dengan akting yang sangat meyakinkan sehingga dia berhasil menjadi Best Actor di Hong Kong Film Award untuk kedua kalinya. Selain itu, Andy Lau pun mendapat banyak penghargaan dari ajang festival film lainnya atas perannya sebagai rahib bernama Big ini.

7. House of Flying Daggers [2004]

House of Flying Daggers [2004]

* sumber: www.allmovie.com

Di film silat yang yang romantis arahan Zhang Yimou ini, Andy Lau berperan sebagai Leo, salah seorang petugas polisi yang ditugaskan untuk membunuh pimpinan pemberontak bersama partner-nya. Pertemuan mereka dengan seorang wanita di dalam kelompok pemberontak, membuat cinta segitiga di antara mereka.

Tidak seperti film silat lainnya, film yang berhasil masuk nominasi Oscar di kategori Best Cinematography ini lebih menitikberatkan fokusnya kepada kisah romantis dengan tampilan cinematography yang indah, seperti slow-motion, daun-daun yang berjatuhan, dan adegan pertarungan yang ditampilkan dengan sangat artistik.

8. Protégé [2007]

* sumber: www.theurbanwire.com

Di film yang merupakan produksi bersama antara Hong Kong dan Singapura ini, Andy Lau tidak tampil sebagai tokoh utama, tetapi karakternya sangat berpengaruh terhadap alur cerita film crime drama ini. Bahkan aktingnya bisa dibilang cukup memukau, sehingga kemudian dia berhasil menjadi peraih Best Supporting Actor di Hong Kong Film Award.

Kembali berperan sebagai tokoh yang bergelut di dunia kriminal dan menjadi mentor bagi tokoh utamanya, sosok yang diperankan oleh Andy Lau tampil sangat kharismatik dan sesuai dengan pembawaannya yang flamboyan. Rasanya memang karakter seperti inilah yang cocok untuk diperankan olehnya.

9. The Warlords [2007]

* sumber: www.allmovie.com

Andy Lau adalah salah satu aktor utama di film yang mengambil setting di era Dynasti Qing ini, bersama dengan Jet Li dan Takeshi Kaneshiro. Kisah film ini bertutur tentang cinta, politik, dan loyalitas yang kemudian menyebabkan persaudaraan mereka terpecah belah.

Perannya sebagai tokoh kriminal, Zhao Erhu, menuai banyak pujian sehingga dirinya berhasil dinominasikan untuk kategori Best Actor di Hong Kong Film Award. Kesuksesan film ini di Asia membuat distributor film di Eropa dan Amerika merilisnya di benua masing-masing dengan hasil yang cukup sukses pula.

10. A Simple Life [2011]

* sumber: www.allmovie.com

Film drama yang disutradarai oleh Ann Hui ini kembali mempertemukan Andy Lau dengan Deanie Ip, di mana di film The Unwritten Law [1985] dan dua film sequel-nya, The Truth [1988] dan The Truth Final Episode [1989], Ip seringkali disebut sebagai “ibunya Andy Lau”- karena sinergi akting mereka yang padu.

Tali kasih antara seorang produser dan pengasuhnya yang sudah mulai menua dan sakit-sakitan ini sangat menyentuh hati bagi siapapun yang menontonnya. Tidak terlihat jarak status sosial yang berbeda di antara mereka, yang terlihat seolah-olah mereka adalah sebuah keluarga, bukan majikan dan pesuruhnya.

Film yang banyak menghadirkan pesan moral yang baik ini, membuat film ini sukses tidak hanya di Asia saja, tetapi bahkan menembus Eropa dan Amerika, di mana di sana pun film ini berhasil meraih banyak penghargaan dan membuat Ann Hui urung untuk pensiun. Andy Lau berhasil menyabet predikat Best Actor di Hong Kong Film Award.

Tiga kali meraih predikat Best Actor dan sekali sebagai Best Supporting Actor serta 9 kali sebagai nominator Best Actor bukanlah sebuah prestasi yang luar biasa bagi seorang aktor di perfilman Hong Kong. Produktivitas dan kualitas aktingnya yang tak diragukan lagi membuat Andy Lau hingga kini tetap berada di jajaran aktor teratas di perfilman Hong Kong dan Cina. Semoga karirnya bisa terus bersinar terang.

Topik Terkait:


Artikel Terkait

Referensi dan Sumber Gambar :

bacaterus

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close