4 Gerakan Mengurangi Sampah Plastik, Kamu Sudah Mulai Belum?

Informasi Seru dan Unik


Halo, !

Bicara soal sampah memang nggak ada habisnya, apalagi sampah plastik. Sampah ini dihasilkan dari barang plastik yang biasa kamu gunakan karena barang-barang keperluan sehari-hari dituntut lebih simpel, murah, mudah digunakan dan mudah  diperoleh, maka plastik merupakan jawaban atas kebutuhan tersebut.

Dengan harga yang terjangkau, begitu banyak kebutuhan sehari-hari yang dibuat dari bahan plastik ini, mulai dari kemasan minuman, sedotan, kantong plastik belanja, alat makan, tempat penyimpanan dan masih banyak lagi, sehingga membuat kita tergantung pada bahan ini.

Tapi apa kamu tahu, bahan plastik itu baru bisa terurai setelah 10-100 tahun. Di mana 10% sampah plastik akan bermuara di laut dan 70% nya tenggelam di dasar laut dan akan membahayakan penghuni laut.  Banyaknya sampah plastik yang dihasilkan membuat negara kita menjadi penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang ke laut, lo.  Engga banget ‘kan, kalo 10 tahun lagi kita susah makan seafood karena lautan tertutup oleh sampah? Atau garam yang kita makan nantinya terkontaminasi mikro plastik?Ih, serem ‘kan, Guys!

loading...

Nah, ada 4 cara yang bisa mulai kamu lakukan untuk membantu mengurangi sampah plastik.  Yuk, intip yang berikut ini!

1. Membawa Sendiri Tempat minum atau Makanan Jika Bepergian

Foto: recycling.com

Dengan cara ini kamu  engga perlu lagi membeli air kemasan atau membeli makan yang dibungkus dalam kemasan plastik atau sterefoam. Mungkin awalnya akan terasa merepotkan, tapi lama-lama asik juga, kok, dan bisa menghemat isi dompet.

2. Membawa Sendiri Tas Kain ketika Berbelanja

Foto: hargapromo.id

Ini membuat kamu tak lagi menggunakan kantong plastik sebagai tempat pembungkus. Sekarang malah ada kota di mana pemerintah daerahnya sudah meminta pada tempat perbelanjaan untuk tidak menyediakan kantong plastik lagi.

3. Jangan Buang Sampah Sembarangan

Foto: suaracelebes.com

Kampanyekan agar membuang sampah di tempat sampah pada orang-orang sekitar, kamu bisa memulainya dari keluarga. Ketika dalam kendaraan umum, upayakan untuk membawa tempat penyimpanan sampah sementara agar tidak meninggalkan sampah di tempat umum.

4. Buanglah Sampah Plastik secara Terpisah Antara Sampah Organik dan Non Organik

Peduli sampah
Foto: infohargabaru.web.id

Mulailah memilah sampah sejak sampah rumah tangga. Pisahkan sampah anorganik seperti plastik, sterofoam, kardus, kaca, dan baterai. Agar nantinya sampah ini bisa didaur ulang karena sampah jenis ini butuh waktu lama untuk diuraikan.

Nah ,Taikaiters, dengan membantu melakukan 4 langkah di atas memang tidak langsung membuat sampah plastik akan lenyap. Tapi setiap perubahan besar selalu dimulai dari satu langkah kecil yang kita lakukan.  Yuk, Guys, kita bersama mulai lakukan perubahan agar sampah plastik bisa dikurangi, ya!





Posting 4 Gerakan Mengurangi Sampah Plastik, Kamu Sudah Mulai Belum? ditampilkan lebih awal di Takaitu.ID.

sumber: takaitu

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close