Inilah 10 Cara Mengupas Mangga dengan Benar dan Unik

Informasi Seru dan Unik


Mangga adalah buah tropis yang rasanya manis dan segar. Ada juga mangga yang agak asam, tapi justru di situ cita rasanya. Jumlah orang yang menyukai mangga sangat banyak daripada orang yang tidak menyukainya. Tapi, untuk menikmati mangga perlu perjuangan dulu, nih.

Soalnya, berbeda dengan jambu yang bisa tinggal hap dan pisang yang mudah sekali dikupas, mangga memiliki kulit yang tebal, agak keras, dan tidak enak rasanya. Jadi, kalau mau menikmati mangga Anda harus mengupas kulitnya terlebih dahulu. Ada beberapa cara mengupas mangga yang mau Bacaterus share. Mungkin ada beberapa cara yang belum pernah Anda lihat sebelumnya juga. Yuk, kita praktikkan!

Cara Mengupas Mangga dengan Pisau

1. Siapkan Alat-alat

Siapkan Alat-alat

Pertama-tama, siapkan alat yang dibutuhkan. Karena cara mengupas mangga kali ini melibatkan pisau saja, jadi Anda hanya perlu menyiapkan satu buah pisau. Kalau bisa, siapkan pisau buah. Pisau jenis ini berukuran kecil, ada yang lurus dan ada juga yang melengkung. Untuk mengupas mangga akan lebih mudah pakai pisau buah yang melengkung.

loading...

2. Cuci Mangga

Cuci Mangga

* sumber: a-la-asmi.blogspot.com

Langkah yang ke-2 adalah dengan mencuci mangga. Untuk cara-cara selanjutnya di bawah juga sama, Anda perlu mencuci mangga terlebih dahulu sebelum dikupas. Karena, Anda tidak bisa melihat ada bakteri dan kuman apa saja yang menempel di kulit mangga, bukan?

3. Simpan Mangga di Atas Talenan

Simpan Mangga di Atas Talenan

* sumber: www.youtube.com

Nah, sekarang kita mulai masuk ke pembahasan. Simpan mangga di atas talenan atau di atas bidang datar yang bersih lainnya. Posisikan mangga secara vertikal (berdiri). Bagian batang harus ada di atas.

4. Potong Batang Mangga

Potong Batang Mangga

* sumber: www.onceuponachef.com

Tapi, sebelum itu, ada baiknya Anda memotong bagian stem alias batang dari mangga terlebih dahulu. Potong sekitar 0.3 cm (bawa sedikit daging mangganya). Selain rasa daging mangga di dekat batang cenderung pahit, memotong bagian stem dapat menciptakan titik awal untuk Anda mengupas kulit mangga.

5. Iris Kulit Mangga

 Iris Kulit Mangga

* sumber: www.onceuponachef.com

Nah, sekarang posisikan mangga jadi berdiri (vertikal). Terus, iris kulitnya dari atas ke bawah. Lakukan hingga kulit mangga terkupas sempurna.

6. Atau, Pegang Mangga

Atau, Pegang Mangga

* sumber: www.videoblocks.com

Anda bisa melakukan cara ini sambil memegang mangganya juga. Tapi, cara ini cukup berbahaya kalau Anda tidak biasa berurusan dengan pisau. Soalnya ukuran mangga cukup besar, ada yang hanya sekepal tangan tapi ada juga yang dua kali lipat lebar tangan.

Belum lagi daging mangga yang sangat licin karena ada juice-nya ketika dikupas. Jika konsentrasi Anda buyar antara memegang teguh mangga atau mengirisnya, takutnya Anda malah mengiris tangan Anda sendiri.

Cara Mengupas Mangga dengan Peeler

1. Siapkan Alat-alat

Siapkan Alat-alat

Cara mengupas mangga kali ini kurang lebih sama dengan cara sebelumnya, tapi lebih mudah. Yang Anda perlukan adalah Y-shaped peeler, atau di Indonesia biasa disebut pisau (peeler) sayur. Anda bisa membeli peeler ini secara online di Bukalapak lewat link ini.

2. Simpan Mangga di Atas Talenan

Simpan Mangga di Atas Talenan

* sumber: www.youtube.com

Seperti biasa, simpan mangga di atas talenan atau bidang datar. Hal ini untuk memudahkan Anda mengupas kulit mangga. Soalnya kalau dipegang di tangan, mangga terasa lebih licin sehingga sulit dikupas.

3. Kupas

Kupas

* sumber: www.youtube.com

Mulai kupas, deh, kulit mangganya! Jika Anda memulai dari atas (bagian batang) mangga ke bawah, akan jauh lebih mudah. Cara ini sangat mudah dan praktis, bahkan Anda tidak perlu khawatir membuang terlalu banyak daging karena peeler ini bisa mengupas kulit mangga setipis mungkin, berbeda jika Anda mengupas manual dengan pisau buah.

Cara Mengupas Mangga Model Kotak-kotak

1. Siapkan Mangga

Siapkan Mangga cara mengupas mangga

Cara mengupas mangga favorit semua orang, nih! Biasanya sewaktu kecil, orang tua akan memberi kita mangga yang masih menempel dengan kulitnya lalu diiris kotak-kotak. Mungkin teknik ini dibuat supaya menarik minat anak-anak untuk makan buah, kali, ya. Untuk melakukannya, pertama-tama posisikan mangga di atas talenan. Kedua, berdirikan mangga secara vertikal.

2. Potong Kedua Sisi Mangga

Potong Kedua Sisi Mangga

* sumber: www.youtube.com

Ketiga, potong mangga hingga mendekati bijinya. Potong sisi kanan dan kiri mangga. Biasanya cuma kedua sisi ini yang dipakai, karena lebih lebar dan lebih banyak dagingnya.

3. Iris Mangga di Atas Talenan

Iris Mangga di Atas Talenan

* sumber: www.tasteofhome.com

Sekarang Anda telah mendapatkan dua buah mangga potong yang masih ada kulitnya. Anda tinggal mengiris daging mangga jadi kotak-kotak seperti pada gambar di atas.

4. Iris Mangga di Atas Telapak Tangan

Iris Mangga di Atas Telapak Tangan

* sumber: www.mnn.com

Selain dengan menaruh di atas talenan, Anda bisa juga melakukannya sambil memegang mangga di telapak tangan. Tapi, hati-hati dengan pisaunya, ya! Jangan sampai Anda mengiris daging mangganya terlalu dalam.

5. Buka Mangga

Buka Mangga

* sumber: www.youtube.com

Setelah diiris, mangganya harus dibuat pop up terlebih dahulu supaya mudah dimakan. Caranya, tekan sisi kanan dan kiri mangga secara bersamaan. Nanti daging mangganya akan mekar seperti bulu landak. Makanya, teknik ini disebut juga sebagai hedgehog cut.

6. Potong Mangga

Potong Mangga

* sumber: www.bhg.com

Kalau Anda mau memotong mangganya lagi juga silakan. Cara ini memang sering dilakukan juga untuk mendapatkan mangga berbentuk dadu.

Cara Mengupas Mangga dengan Gelas

1. Siapkan Gelas

Siapkan Gelas

* sumber: www.culinary.co.za

Sama seperti Cara Mengupas Kiwi, Anda bisa melakukan teknik gelas pada mangga juga. Siapkan gelas yang lebar dan agak tinggi, karena buah mangga lebih besar daripada kiwi. Namun, yang paling penting adalah, pilih gelas yang bibirnya tipis supaya memudahkan proses pengupasan kulit mangga nantinya.

2. Siapkan Mangga

Siapkan Mangga

* sumber: www.youtube.com

Mangga yang digunakan adalah mangga yang sudah matang. Anda tidak bisa melakukan teknik ini pada mangga setengah matang atau jenis mangga keras seperti mangga kuweni. Lalu, potong mangga jadi dua seperti cara hedgehog di atas.

3. Mangga Siap Meluncur..!

Posisikan ujung mangga di bibir gelas. Tekan pelan-pelan untuk menentukan titik awal. Jika sudah pas, Anda tinggal mendorong mangganya meluncur ke dalam gelas. Untuk lebih lengkapnya, tonton video di atas.

Mengupas Mangga dengan Cara Diputar

1. Posisikan Mangga

Posisikan Mangga

* sumber: www.youtube.com

Anda pernah mendengar mangga mentega? Jenis mangga ini sebenarnya tidak ada, hanya istilah saja. Jadi, karena mangganya sangat lembek dan berair, makanya disebut mangga mentega. Cara makan mangga mentega juga cukup unik, karena Anda hanya perlu mengiris bagian tengah buahnya, lalu putar buahnya hingga terlepas. Nanti cara makannya Anda langsung sendoki daging mangga yang masih ada kulitnya.

Nah, untuk cara mengupas mangga yang satu ini, pertama-tama siapkan mangga yang sudah sangat matang. Mangganya juga harus tipe yang berair, bukan yang sekal, ya. Terus, iris mangga di bagian tengah (horizontal). Iris sangat dalam sampai terasa bijinya.

2. Putar

Putar

* sumber: jaknews.co.id

Jika sudah, pegang bagian atas dan bawah mangga dengan kedua tangan Anda. Putar berlawanan arah agar mangga dapat tercabut seperti pada gambar. Selesai, nikmati daging mangga dengan sendok langsung begitu saja.

Cara Mengupas Mangga dengan Metode Scoop

1. Siapkan Alat

Siapkan AlatCara mengupas mangga yang ke-6 adalah dengan menggunakan alat, namanya fruit scooper & slicer. Alat ini ukurannya macam-macam, untuk mangga tentunya jauh lebih besar daripada yang buat kiwi dan alpukat. Dapatkan alatnya di toko online Bukalapak lewat link ini.

2. Potong Mangga Jadi Dua

Potong Mangga Jadi Dua

* sumber: www.fabhow.com

Sama seperti cara-cara lainnya, potong mangga jadi dua terlebih dahulu. Bagian ini yang akan kita sendok (scoop) nantinya.

3. Scoop

Scoop

* sumber: magicallifeoffruit.com

Scoop-scoop mangga Anda. Dengan begini, Anda tidak perlu repot-repot lagi mengiris mangga untuk disajikan, karena bentuknya sudah terpotong jadi kecil-kecil. Tapi, tergantung juga pada alat yang Anda gunakan.

Cara Mengupas Mangga dengan Sendok

1. Siapkan Alat-alat

Siapkan Alat-alat

* sumber: www.fabhow.com

Ternyata cara mengupas mangga ada bermacam-macam, ya? Yang satu ini akan membutuhkan sendok. Tapi, ada alat lainnya juga yang Anda butuhkan, yaitu pisau besar.

2. Potong Mangga Jadi Dua

Potong Mangga Jadi Dua

* sumber: www.fabhow.com

Seperti biasa, potong mangga jadi dua. Sisi kanan dan kiri yang lebih lebar akan kita kupas pakai sendok. Kalau sisanya bisa Anda kupas pakai pisau saja.

3. Scoop Daging Mangga

Scoop Daging Mangga

* sumber: www.fabhow.com

Cara mengupas mangga ini terbilang sangat cepat dan praktis karena Anda hanya perlu menyendok daging mangganya keluar. Dalam lima detik saja Anda sudah mendapatkan daging mangga tanpa kulit.

Cara Mengupas Mangga dengan Jari

1. Simpan Mangga di Atas Talenan

Simpan Mangga di Atas Talenan

Simpan mangga di atas talenan, piring, atau bidang datar lainnya. Karena cara ini akan sedikit berantakan daripada cara-cara lainnya, jadi Anda perlu alas supaya cairan mangganya tidak terlalu berantakan ke mana-mana.

2. Iris Kulit Mangga

Iris Kulit Mangga

* sumber: magicallifeoffruit.com

Iris kulit mangga berbentuk “X”- besar pada ujung buah. Iris kulit mangga hingga sekiranya Anda bisa buat menarik kulitnya nanti.

3. Kuliti

Kuliti

* sumber: magicallifeoffruit.com

Sekarang, lepaskan pisau, karena Anda akan menggunakan jari saja untuk menguliti mangganya. Dari bagian kulit mangga yang sudah diiris tadi, tarik satu per satu bagian kulit mangga hingga terlepas semuanya.

Cara Mengupas Mangga dengan Mango Splitter

1. Siapkan Alat

Siapkan Alat

* sumber: selfreliantschool.com

Ada alat yang lebih canggih lagi dari fruit scooper & slicer, namanya adalah mango splitter. Alat ini khusus untuk mengupas mangga saja dan Anda bisa membelinya di Bukalapak lewat link ini.

2. Posisikan Alat

Posisikan Alat

* sumber: www.fabhow.com

Cara menggunakannya, berdirikan mangga secara horizontal. Lalu, posisikan mango splitter di ujung mangga.

3. Dorong Alat ke Bawah

Dorong Alat ke Bawah

* sumber: www.aspicyperspective.com

Selanjutnya sangat mudah, Anda hanya perlu mendorong alat ke bawah. Alat ini secara otomatis akan memisahkan daging mangga dari bijinya.

Cara Mengupas Mangga dengan Mango Twister

1. Siapkan Alat

Siapkan Alat

* sumber: www.youtube.com

Cara mengupas mangga yang satu ini pasti tidak pernah dilakukan di rumah, karena buat apa punya alat seperti ini kecuali jika Anda berjualan? Mango twister ini selain berguna untuk mengupas kulit mangga, juga bisa sekalian memotong buahnya. Tapi nanti hasilnya berbentuk panjang dan tipis.

2. Twist!

Twist

* sumber: www.youtube.com

Jika semua bagian kulit sudah hilang, Anda lanjutkan mesin untuk memotong daging mangganya. Nanti hasil mangganya panjang dan tipis seperti mie, lucu sekali, bukan? Biasanya potongan mangga ini akan dipakai untuk dibuat manisan atau dessert.

Ya, selesai sudah 10 cara mengupas mangga dari Bacaterus. Bagaimana, adakah cara-cara yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya? Cara mana yang menurut Anda paling praktis? Share di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:


Artikel Terkait

bacaterus

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close