Mangga Terbesar di Dunia Ternyata Ada di Asia Tenggara!

Informasi Seru dan Unik


Ditulis oleh

Mangga adalah jenis buah tropis yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Walaupun tidak sedang musim mangga, tapi Anda tetap bisa menemukan buah ini di pasar tradisional maupun supermarket. Hal tersebut menunjukkan seolah-olah pohon mangga di Indonesia terus berbuah setiap tahunnya.

Bila musim mangga tiba, buah-buah yang dipanen jadi semakin ranum dan besar. Namun, tahukah Anda bahwa ukuran mangga di Indonesia tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan ukuran sebuah mangga terbesar di dunia? Di mana kita bisa menemukan mangga yang telat tercatat sebagai yang terbesar di dunia? Simak ulasan lengkap dari Bacaterus ini seputar mangga paling besar di dunia.

Negara Tempat Penemuan Mangga Terbesar di Dunia

Negara Tempat Penemuan Mangga Terbesar di Dunia

loading...

Ingin menikmati mangga terbesar di dunia? Ternyata Anda tidak perlu terbang terlalu jauh. Negara tempat ditemukannya mangga paling besar di dunia masih berada di wilayah Asia Tenggara kok. Negara tersebut adalah Filipina.

Pada tahun 2009, tercatat bahwa mangga dengan ukuran terbesar di dunia berhasil dipanen di Desa Tubod, Kota Iligan, Filipina. Mangga tersebut ditanam oleh Sergio dan Maria Socorro Bodiongan. Mangga tersebut disajikan dalam sebuah acara bertajuk Sundayag Celebration”s Pinaka Contest di Cagayan de Oro City, Filipina.

Ketika diukur, ukuran mangga tersebut begitu mencengangkan. Bagaimana tidak, mangga paling besar di dunia itu memiliki panjang 30,48 cm dan lebar 17,78 cm. Sementara untuk bobot, mangga tersebut adalah 3,435 kilogram. Dengan ukuran sebesar itu, satu buah mangga bisa dinikmati oleh 2-3 orang sampai kenyang.

Sergio dan Maria mengakui bahwa setiap musimnya mereka bisa memanen kurang lebih 100 buah mangga dengan ukuran sebesar itu. Tentu saja ukuran mangga yang anti-mainstream ini membuatnya jadi buah yang cukup mahal di Filipina. Sayangnya, Sergio dan Maria tidak pernah berniat menjual mangga tersebut. Ia justru membagi-bagikan mangga jumbonya tersebut kepada teman dan keluarganya.

Sebagai perbandingan, mangga terbesar di Indonesia biasanya bobotnya hanya berkisar di angka 300-500 gram. Sementara mangga jumbo di dunia ini beratnya mencapai 3,5 kilogram, sedangkan ukuran panjang dan lebarnya bisa 2-3 kali lipat mangga pada umumnya.

Mangga Terbesar di Indonesia

Apabila mangga yang terbesar di dunia tidak dijual oleh pemiliknya, berarti Anda harus mengurungkan niat untuk bisa membeli mangga tersebut di Filipina. Meskipun demikian, Indonesia juga memiliki varietas mangga terbesar yang bisa Anda coba. Meskipun varietas mangga besar di Indonesia berasal dari negara tetangga, tapi varietas tersebut bisa ditemukan dengan mudah di negara kita.

Berikut adalah jenis mangga terbesar yang bisa Anda temukan di Indonesia meskipun beberapa di antaranya adalah varietas impor:

  • Mangga Mahatir

Mangga Mahatir

Tak bisa makan mangga paling besar di dunia tak masalah karena masih ada mangga mahatir, varietas mangga terbesar dari Malaysia yang cukup diminati di negara kita. Mangga mahatir ini memiliki berat yang bisa mencapai 2-3 kilogram untuk setiap buahnya.

Tentu saja ukuran ini tergolong sangat besar jika dibandingkan dengan mangga lokal yang beratnya berada di kisaran 300 ““ 500 gram saja. Tidak hanya ukurannya yang sangat jumbo, tetapi daging buah mangga jenis ini juga terbilang enak karena tidak berserat dan manis.

  • Mangga Kiojay

Mangga Kiojay

Pernah makan mango sticky rice dari Thailand? Hal tersebut membuktikan bahwa Negeri Gajah Putih merupakan negara yang mengonsumsi mangga dalam jumlah banyak. Namun, kali ini kita tidak akan membahas tentang negaranya, melainkan tentang varietas salah satu mangga Thailand yang bisa bertumbuh dengan sangat besar, yaitu mangga kiojay.

Varietas mangga yang satu ini benar-benar idola bagi masyarakat Indonesia. Sekali bertumbuh, mangga kiojay dapat mencapai berat 2 kilogram per buah. Ukuran yang besar ini dianggap memuaskan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Selain besar, rasa daging ini juga enak dan manis, apalagi tekstur dagingnya sangat lembut dan tidak terlalu berserat.

  • Mangga Irwin
Mangga Irwin

* sumber: tanamanmart.com

Ada yang berbeda dengan penampilan buah mangga yang satu ini. Ya, mangga irwin yang kabarnya berasal dari Australia ini memiliki kulit yang berwarna ungu. Tentu saja hal tersebut sangat kontras dengan warna kulit mangga lokal yang biasanya hijau atau kuning.

Satu buah mangga irwin bobotnya bisa mencapai 750 gram ““ 1 kilogram. Bagaimana dengan rasa daging mangga irwin? Buah mangga irwin memiliki daging berwarna jingga, sedikit berair, dan memiliki serat meskipun tidak terlalu banyak. Rasa buahnya manis tapi ada sensasi rasa masam yang tidak terlalu mengganggu. Jika dirasakan secara lebih dalam, daging mangga irwin ini memiliki rasa yang unik dan bikin Anda ketagihan.

Indonesia Salah Satu Negara Penghasil Mangga Terbesar

Buah Mangga

Indonesia merupakan negara penghasil buah mangga dengan jumlah terbesar di dunia. Meskipun bukan peringkat yang pertama, sebagai negara beriklim tropis Indonesia mampu memanen mangga sebanyak 1.313.540 ton per tahun.

Sebagai informasi bagi Anda, wilayah yang turut berkontribusi dalam menghasilkan mangga di Indonesia adalah Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, dll. Yang membuat kita patut berbangga meskipun belum menghasilkan mangga paling besar di dunia adalah hasil mangga dari Jawa Barat biasa diekspor Hong Kong, Kuwait, Malaysia, Rusia, Singapura, dan Uni Emirat Arab.

Pohon Mangga Paling besar di Dunia Ada di Indonesia

Pohon Mangga Terbesar di Dunia Ada di Indonesia

* sumber: www.wonosobozone.com

Walaupun Indonesia belum mampu menghasilkan mangga paling besar di dunia, tetapi negara kita memiliki pohon mangga raksasa yang terbesar di dunia, lho. Pohon mangga terbesar itu berada di Bukit Peteg, Dusun Jlegong, Desa Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo.

Pohon mangga raksasa ini memiliki tinggi lebih dari 20 meter. Butuh enam orang dewasa untuk bisa memeluk seluruh batang pohon mangga paling besar di dunia ini. Konon, pohon ini sudah ada di tanah tersebut sejak 300 tahun silam. Tak disebutkan secara rinci apakah pohon mangga terbesar ini masih berbuah atau tidak.

Akan tetapi, pohon yang digadang-gadang sebagai pohon mangga terbesar di seluruh dunia ini dapat menjadi daya tarik pariwisata. Apalagi di sekitar pohon besar tersebut juga tumbuh pohon-pohon buah lainnya. Pengelola tempat pohon ini mengatakan bahwa kelak akan dibuat agrowisata petik buah dari pohon-pohon yang berada di sekitar pohon mangga raksasa tersebut. Alhasil, minat wisatawan untuk berkunjung pun jadi semakin meningkat.

Nah, serba-serbi mengenai buah mangga terbesar di dunia telah terjawab. Bila Anda tidak bisa mencicipi kelezatan mangga terbesar sedunia itu, Anda tetap bisa membeli beberapa varietas mangga terbesar yang bisa dijumpai dengan mudah di Indonesia. Kenali juga jenis-jenis mangga terfavorit di Indonesia dalam artikel jenis mangga yang paling enak di Indonesia.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

bacaterus

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close