Merasa Beban Hidup Gak Kunjung Reda? 4 Manfaat Menulis Berikut Ini Bisa Membantumu Merasa Lega

Informasi Seru dan Unik


Kehidupan gak akan pernah lepas dari berbagai permasalahan. Saat satu problem selesai diatasi, tahu-tahu muncul lagi masalah baru. Harus menghadapi berbagai masalah, memang membuat kita merasa lelah dan bahkan putus asa. Tapi, kalau kita hanya fokus pada rasa lelahnya, maka semua masalah itu hanya akan menumpuk dan gak selesai-selesai. Cobalah untuk berdamai dengan semua itu lewat kegiatan yang bisa membuatmu tenang. Salah satunya bisa dilakukan dengan menulis, girls. Berikut adalah beberapa manfaat menulis buat kesehatan mental.

1. Bersyukur Atas Apapun yang Terjadi

via pexels.com

Saat galau melanda, kamu jadi lebih fokus sama hal-hal negatif yang ada di sekitarmu daripada kebahagiaan yang telah kamu alami selama ini. Biar gak terjebak sama pola pikir kayak gini, kamu bisa menulis daftar hal-hal yang membuat kamu merasa bersyukur setiap hari. Coba uraikan semuanya secara rinci, sehingga kamu bisa mengingat kembali rasanya bahagia seperti yang dulu kamu rasain. Misalnya, saat merasa kesepian kamu bisa membuat daftar orang-orang yang menyayangimu dan seterusnya.

2. Bisa Memberi Saran Untuk Diri Sendiri

loading...

Sedang mengalami dilema? Bingung untuk menentukan keputusan yang besar? Menulis bisa jadi solusi semua itu. Yup, dengan kegiatan ini kamu gak cuma bisa menuangkan keresahan hatimu, tapi juga bisa menempatkan diri kamu sebagai orang lain buat menasihati diri kamu sendiri. Ibaratnya, kamu jadi psikiater buat diri kamu sendiri, girls. Siapa lagi yang paling mengerti kamu selain dirimu sendiri?

Editor’s Pick:
  • Sering Ngerasa Lebih Capek Saat Bangun Tidur? Atasi Segala Permasalahan Tidurmu dengan 5 Cara Ini
  • Susah Tidur Ternyata Bisa Disebabkan oleh 5 Makanan Ini. Hindari kalau Ingin Tidur Nyenyak!
  • Jangan Disepelekan! Inilah 5 Alasannya Cepat Lelah Bisa Membahayakan Tubuhmu

3. Melawan Balik Rasa Takut yang Kamu Rasakan

via pexels.com

Setiap orang pasti punya insecurities masing-masing, tapi bukan berarti kita boleh memeliharanya sampai-sampai kita takut untuk melakukan apapun. Buatlah surat pada rasa takutmu, ceritakan apa saja yang bisa membuatmu merasa gak takut lagi. Dengan begitu, kamu bisa bergerak maju dan fokus ke hal yang lebih baik.

4. Mendapat Sisi Positif dari Setiap Hal

Menulis bukan cuma bisa bikin pikiran dan perasaan jadi terasa lega, tapi juga membuatmu melihat sisi lain dari setiap kejadian buruk yang menimpamu. Misalnya, saat kamu stres karena teman-teman kantor menganggap dirimu terlalu perfectionist, kamu bisa melihat bahwa sifat itu menunjukan kerja keras yang sudah kamu lakukan, atau ketika kamu di-judge sebagai tukang kritik, itu artinya kamu peduli pada orang lain.

Gak ada satupun orang yang senang terkena masalah, tapi di balik kerumitannya, kita bisa menjadi pribadi yang lebih tangguh setelah berhasil mengatasi semuanya. So, tetap semangat, ya!

  sumber : rimma.co

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close