Nggak Harus Kebut Semalam, 5 Sistem Belajar Ini Bisa Bikin Kamu Sukses Hadapi Ujian

Informasi Seru dan Unik


Kebanyakan pelajar atau mahasiswa memakai cara belajar SKS, alias Sistem Kebut Semalam, untuk menghadapi ujian keesokan harinya. Padahal, cara ini bisa dibilang nggak efektif, dan malah membuat kamu jadi stres, ditambah lagi kesehatan kamu jadi menurun gara-gara begadang. Buat yang masih suka SKS, lebih baik hilangkan kebiasaan itu, dan ganti dengan sistem belajar ini.

1. Belajar kelompok

Ilustrasi belajar kelompok (Pxhere)

Menurut pepatah, segala hal yang dilakukan bersama-sama akan terasa ringan. Hal ini juga berlaku pada belajar. Karena itu, biasakan untuk melakukan belajar kelompok. Pemahamam siswa yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda. Maka di belajar kelompok, semua pemahaman itu bisa disatukan agar bisa mendapatkan pemahaman yang utuh tentang suatu pelajaran. Cara ini terbukti lebih efektif dibandingkan SKS meskipun nggak dilakukan setiap hari.

2. Belajar secara bertahap

Ilustrasi belajar bertahap (Pixabay)

Kamu bisa bikin jadwal belajar sendiri, di luar belajar di sekolah atau kampus. Walaupun hanya satu jam setiap hari, cara ini efektif mengikat pelajaran yang sudah kamu terima di ruang kelas. Perencanaan yang matang atas belajar bertahap ini membuat semua pelajaran yang disajikan bisa dicerna dengan baik.

3. Mengulang pelajaran saat pagi

Ilustrasi mengulang pelajaran (Pexels)

Ini juga adalah cara belajar efektif untuk menjadi pintar. Cukup mengulang sebentar pelajaran yang diterima hari ini pada keesokan paginya. Hal itu membuat pemahaman kamu melekat secara berlipat ganda, sehingga ketika akan menghadapi ujian, kamu nggak perlu ber-SKS. Cukup dengan membaca sebentar, semua yang pernah kamu pelajari bisa nyangkut kembali dengan mudah.

4. Membuat catatan kecil

Ilustrasi membuat catatan kecil (Pxhere)

Catatan kecil di sini maksudnya bukan membuat catatan untuk mencontek saat ujian. Siswa dan mahasiswa yang rajin mencatat biasanya selalu disenangi teman-temannya. Tak jarang pula siswa atau mahasiswa rajin itu membuat catatan kecil yang rapi, sehingga selalu menjadi rujukan mahasiswa lain untuk memahami pelajaran. Biasanya, yang rajin itu adalah cewek-cewek. Namun tak jarang ada juga cowok yang rajin.

5. Membuat metode menghapal sendiri

Ilustrasi menghapal (Pexels)

Setiap orang tahu potensi dirinya sendiri. Mereka juga tahu kemampuan dan cara menghafal pelajaran yang cocok bagi dirinya. Jika sudah tahu cara menghafal sendiri itu, kamu bisa kembangkan untuk diri sendiri agar semua pelajaran mudah dicerna. Biasanya, cara menghafal sendiri ini lebih mudah. Dan jika sudah mengerti pelajaran, kamu nggak perlu ber-SKS di malam ujian.

Nah, JB’ers, daripada kamu repot-repot memakai sistem belajar SKS yang malah merugikan kamu sendiri, lebih baik lakukan sistem belajar di atas. Dengan begitu kamu bakal lebih siap untuk menghadapi ujian. (tom)

sumber : jadiberita


loading...

Baca Lagi
close