Sering Mencukur Bulu Kaki? Kenali Masalah Kaki Stroberi!

Informasi Seru dan Unik


Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian besar wanita, bulu-bulu yang berada di tubuh, terutama kaki, dianggap mengganggu penampilan. Alhasil, sebagian kaum Hawa pun selalu bersahabat dengan alat cukur. Padahal, tanpa mereka sadari, terlalu sering mencukur bulu kaki dengan alat cukur manual bisa menimbulkan kondisi kaki stroberi!

Coba Anda ingat-ingat lagi bentuk dari buah stroberi. Bukan masalah bentuknya yang kecil, tetapi lebih kepada permukaan kulitnya. Ya, kulit stroberi berwarna merah dan berbintik-bintik agak kasar.

Dilansir dari Reader”s Digest, dokter kulit Ava Shamban, MD, mengatakan bahwa kaki stroberi merupakan istilah deskriptif untuk penampilan kulit kaki yang berwarna merah muda disertai bintik-bintik gelap atau putih. Meskipun bintik-bintik pada kulit tersebut cenderung tidak berbahaya, hal tersebut bisa mengganggu penampilan Anda walapun bulu kaki sudah tak terlihat lagi.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh cara pencukuran yang tidak benar, menggunakan pisau cukur yang sudah usang, serta tanpa mengoleskan krim cukur terlebih dahulu. Terkadang, pada sebagian orang, silet yang sudah usang ataupun masih cukup baru dibakar terlebih dulu sebelum digunakan untuk mencukur.

loading...

Entah apa alasan di balik tindakan itu, tetapi dilansir dari Healthline, membakar silet sebelum mencukur justru dapat memicu timbulnya folikulitis. Itu merupakan peradangan yang terjadi pada folikel rambut, atau tempat rambut tumbuh, yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Infeksi tersebut biasanya diawali dengan gatal serta sensasi terbakar pada kulit. Lalu, muncul benjolan kecil berwarna merah atau seperti jerawat. Jika semakin parah, bintik-bintik tersebut akan membesar, nyeri, dan berisi nanah.

Selain itu, mencukur terlalu sering juga dapat menyebabkan bulu tumbuh ke dalam. Pada beberapa orang, kondisi bulu yang tumbuh ke dalam inilah yang menjadi penyebab utama dari munculnya kaki stroberi, terutama bagi mereka yang memiliki bulu lebat. Kulit di sekitar folikel dapat menjadi lebih gelap sebagai respons terhadap iritasi akibat pencukuran.

Kulit yang kering juga dapat memperburuk gejala kaki stroberi. Semakin kering kaki Anda, maka risiko untuk memiliki permukaan kulit kaki yang merah dan berbintik gelap akan semakin tinggi.

sumber: klikdokter

powered by Surfing Waves
loading...

|
Baca Lagi
close